Tips Agar Anak Mudah Bangun Sahur



Tips Agar Anak Mudah Bangun Sahur [ www.BlogApaAja.com ]

Anak-anak usia sekitar 5-9 tahun memang belum diwajibkan untuk berpuasadi bulan Ramadhan, tetapi para orang tua di Indonesia biasanya mulaimengenalkan pentingnya dan praktik langsung puasa di bulan yang suci ini. Inginpuasa penuh atau setengah hari, bisa disesuaikan menurut kemampuan anak Anda.

Apapun pilihan anak Anda untuk puasa penuh atau setengah hari, merekatetap harus bangun sahur. Nah.. anak-anak biasanya agak sulit jika harus bangunpada jam yang tidak biasa untuk menikmati hidangan sahur. Agar kegiatan inisemakin mudah, kami punya tips yang bisa Anda coba.

Jelaskan Pentingnya Berpuasa dan Makan Sahur



Anak-anak akan menyukai apa yang dia lakukan jika tahu maksud dantujuannya. Anda bisa menjelaskan mengapa mereka harus berpuasa, mengapa merekaharus merasakan lapar walaupun banyak makanan tersedia. Jelaskan jugapentingnya sahur sebagai tenaga hingga waktu berbuka. Jelaskan dengankalimat yang mudah mereka pahami.

Bangunkan Tepat Waktu & Buat Anak Nyaman



Biasakan untuk membangunkan anak tidak lebih dari 40 menit sebelum waktuimsak. Bangun yang terlalu cepat akan membuat anak mengantuk mendekati waktuimsak. Anak-anak biasanya tidak tahan udara dingin pada waktu sahur, siapkansandal rumah dan pakaikan jaket yang nyaman.

Selang-Seling Menu Sahur



Anak-anak mudah bosan dengan menu yang sama berulang-ulang. Karena itutak ada salahnya Anda membuat daftar menu harian. Hal ini juga akan memudahkanAnda berbelanja bahan makanan mentah dan tidak pusing memikirkan, "Besoksahur pakai apa ya?"

Contoh:

  • Senin: Nasi + sup + ayam goreng

  • Selasa: Nasi + tumis kangkung + gurami goreng

  • Rabu: Nasi + semur daging + sayur bayam

  • dan seterusnya



Kreatif Menyajikan Makanan



Tidak perlu menghias makanan dengan cara yang sulit, karena kepraktisantetap harus diutamakan saat sahur. Anda bisa membeli cetakan puding berbagaibentuk yang dapat digunakan untuk mencetak nasi, misalnya bentuk Hello Kitty.Hias dengan sayur sederhana, misalnya wortel untuk mata, buncis untuk hitungdan sebagainya. Anak-anak biasanya suka dengan nasi yang dibentuk walaupun laukdisajikan seperti biasa.

Biarkan Anak Ikut Memasak



Anak-anak biasanya senang jika diajak berpartisipasi menyiapkan hidangansahur. Tentunya tidak masak dalam arti yang sebenarnya. Anda bisa meminta anakAnda untuk menyusun sendok di atas meja, menaburkan bawah goreng di atas sup,atau menghias nasi yang telah dicetak (yang kami bahas di poin sebelumnya).Jangan lupa ucapkan terima kasih atas bantuan kecil yang dilakukan anak Anda,mereka akan senang karena bisa membantu Anda.

Itu dia sedikit tips dari DD, semoga bermanfaat. Jika Anda punya tipslain membangunkan anak saat sahur, silakan bagi di kolom komentar :)


Follow On Twitter