Waspada! Efek Buruk Alkohol Ditambah Minuman Energi



Waspada! Efek Buruk Alkohol Ditambah Minuman Energi [ www.BlogApaAja.com ]

Minuman alkohol memang bisa menimbulkan efekburuk bagi kesehatan. Jika alkohol ini dicampur dengan minuman energi makaefeknya bisa berbahaya bagi tubuh. Apa saja dampaknya?

Para peneliti mengklaim pencampuran antaraalkohol dengan minuman energi memiliki efek yang merugikan bagi kesehatanseseorang. Pencampuran minuman ini biasanya dilakukan saat pesta-pesta.

Sebagian besar orang yang melakukannya tidakmenyadari efek bahaya yang disebabkan dari minuman ini. Umumnya mereka hanyamengetahui campuran ini bisa meningkatkan energi dan membuatnya semakinbersemangat atau bergairah.

Penelitian yang dilakukan secara ekstensiftelah menunjukkan hasilnya energi meningkat, kewaspadaan bertambah sertaaktivitas di otak juga turut meningkat. Namun orang yang mengonsumsi campuranini berisiko lebih tinggi melakukan perilaku sembrono seperti penggunaannarkoba, kekerasan, risiko kecelakaan saat menyetir agresif dan perilakuseksual.

Efek yang muncul tak hanya sebatas padaperilaku saja, karena secara fisiologis menyebabkan jantung berdebar takteratur, 4 kali lebih mungkin mengalami iritabilitas, tremor, kesulitan tidurdan kelelahan.

Untuk itu minuman energi yang dikombinasikandengan alkohol berpotensi meningkatkan risiko serangan jantung dan strokekarena darah lebih lengket dan tekanan darah meningkat, seperti dikutip dariMedindia.

Kafein yang ada dalam minuman energi bertindaksebagai diuretik yang menyebabkan tubuh kehilangan air sehingga memicudehidrasi. Jika minuman ini dikonsumsi dalam jangka waktu lama bisamengakibatkan penyakit berat yang berkaitan dengan kardiovaskular dan sistemsaraf.

Berdasarkan hasil studi ini penelitimerekomendasikan bahwa dalam kemasan minuman energi harus diberikan label bahwaminuman ini tidak boleh dicampur dengan alkohol.


Follow On Twitter